Friday, October 20, 2017

Jenis-Jenis Mesin Gerinda

Sejak beberapa abad yang lalu, manusia primitif telah menemukan alat yang berlemampuan untuk menajamkan alat potong dengan mengasahnya menggunakan pasir atau batu. Alat pengikis digunakan untuk membuat batu gerinda pertama kali pada zaman besi dan pada perkembangannya dibuat lebih bagus untuk proses penajaman. Di awal tahun 1900-an, penggerindaan mengalami perkembangan yang sangat cepat seiring dengan kemampuan manusia membuat butiran abrasif seperti silikon karbida dan aluminium karbida. Selanjutnya dikembangkan mesin pengasah yang lebih efektif yang disebut mesin gerinda.welder

Mesin Gerinda adalah suatu alat ekonomis yang berfungsi untuk melakukan pengikisan, penajaman, pengasahan, atau pemotongan pada sebuah bahan dasar benda atau objek kerja yang memiliki permukaan kasar maupun permukaan yang halus sehingga menghasilkan benda kerja berpermukaan halus dengan ketelitian yang tinggi. Mesin gerinda dioperasikan menggunakan mata gerinda, jadi mesin gerinda merupakan salah satu jenis mesin perkakas dengan mata potong jamak, dimana mata potongnya berjumlah sangat banyak yang digunakan untuk mengasah/memotong benda kerja dengan tujuan tertentu.

Sebuah fitur yang membedakan mesin gerinda ini dari mesin pengasah lainnya yaitu mesin ini menggunakan roda abrasif yang berputar untuk memotong. Setiap butir abrasif pada permukaan roda memotong bagian kecil dari benda kerja melalui mesin penggiling digunakan untuk memperoleh akurasi yang tinggi bersamaan dengan permukaan akhir dari pada benda kerja yang berkualitas tinggi.

Jenis mesin gerinda dapat dibedakan berdasarakan hasil pengoperasiannya dan konstruksinya. Berdasarkan hasil pengoperasiannya, mesin gerinda dikelompokkan menjadi :

Surface Grinding Machine / Mesin Gerinda Permukaan (Datar)


surface grindingMesin gerinda jenis ini berfungsi untuk pembuatan bentuk yang datar dan permukaan yang tidak rata pada material logam (benda kerja) yang berada di bawah batu gerinda yang berputar seperti yang terlihat pada gambar di sebelah kiri. Hasil dari penggunaan mesin ini adalah bentuk dan permukaan yang rata pada benda kerja.

surface grinding

Surface grinding machine bisa kita jumpai di ATMI pada mesin Brand dan Magerle. Biasanya mesin gerinda jenis ini digunakan untuk menggerinda permukaan dengan gerakan horizontal secara bolak-balik. Benda kerja yang akan digerinda, dicekam pada kotak meja magnetik, dan proses penggerindaan dilakukan dengan gerakan maju mundur secara horizontal secara otomatis maupun manual. Hasil pengerjaan mesin gerinda permukaan antara lain : Parallel block, Jangka Sorong, Bed Machine, dan lain-lain.

Menurut sumbu utamanya atau pergerakan meja dan spindle-nya, mesin gerinda datar/permukaan dibagi menjadi 4 jenis, yaitu:

Mesin gerinda datar horizontal dengan gerak meja bolak-balik.


horizontal bolak balik

horizontal bolak balikObjek dari mesin gerinda ini adalah benda-benda dengan permukaan rata dan menyudut. Panjang langkah meja dan gerakan melintang batu gerinda dapat Anda atur dengan menggunakan tuas yang ada di meja mesin, disesuaikan dengan sifat dan karakterk objek tersebut. Proses penggerindaan dilakukan dengan menggerakkan objek benda kerja bolak-balik secara logitudinal di bawah meja gerinda. Kedalaman potong biasanya tidak terlalu dalam dan pemakanan bagian objek dilakukan dengan menggerakkan meja kerja melintang terhadap roda. Mesin gerinda datar horizontal dengan gerak meja bolak balik dapat dilihat pada gambar di sebelah kiri ini.

Mesin gerinda datar vertikal dengan gerak meja bolak-balik.


Mesin gerinda datar vertikal dengan gerak meja berputar

Mesin gerinda datar vertikal dengan gerak meja berputar Mesin jenis ini digunakan untuk menggerinda benda-benda berpermukaan rata, lebar, dan menyudut. Penggerindaan berlangsung pada sisi samping roda gerinda sehingga ketika proses harus berhati-hati dalam pemakanan (DOC) dengan cara lebih sedikit-sedikit. Cara ini dilakukan agar benda kerja tidak gosong ketika  menerima beban dan luas penampang yang terlalu besar pada sisi potong batu gerinda. Pada gambar di atas ini merupakan cara kerja mesin gerinda datar vertikal dengan gerak meja bolak-balik.

Mesin gerinda datar vertikal dengan gerak meja berputar.


Mesin gerinda datar horizontal dengan gerak meja berputar

Mesin gerinda datar horizontal dengan gerak meja berputarGerinda datar vertikal dengan gerak meja berputar dipergunakan untuk objek kerja yang memiliki permukaan rata, poros, dan lubang. Selain itu, mesin ini bisa juga dipergunakan untuk membuat lubang jika tidak ada mesin universal grinding di bengkel Anda. Cara kerja mesin ini dapat dilihat pada gambar di sebelah kiri.

Mesin gerinda datar horizontal dengan gerak meja berputar

Mesin gerinda jenis ini dipergunakan untuk menggerinda permukaan rata pada benda kerja silindris.

Sedangkan berdasarkan prinsip kerjanya, mesin gerinda permukaan ini dibagi lagi menjadi:

Surface grinding semi otomatis, proses pemotongan dapat dilakukan secara manual (tangan) dan atau dengan sistem otomatis mesin.
Surface grinding otomatis, proses pemotongan diatur secara otomatis melalui program (NC/Numerical Control dan CNC/Computer Numerically Control).
Berdasarkan prinsip pendinginnya mesin gerinda permukaan juga dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

Penggerindaan kering
Penggeridaan basah

Cylindrical Grinding Machine / Mesin Gerinda Silindris
Mesin-gerinda-silindris

Mesin-gerinda-silindrisHal yang membedakan mesin gerinda ini ialah benda kerja yang dihasilkan berbentuk silinder. Hasil benda yang dapat dikerjakan dari mesin ini antara lain : Shaft, Poros / As, Spindle Mesin, Test Bar, Bearing, Collet, Sleeve, dan lain-lain. Prinsip kerja mesin gerinda silindris adalah benda kerja dicekam pada alat pencekam dapat berupa Chuck, Collet, Face plat, atau lathe dog. Benda kerja berputar berlawanan arah dengan putaran merinda. Pada gambar di sebelah kiri ini menunjukkan bagian-bagian dari mesin gerinda silindris.

Jenis mesin gerinda silindris dibagi menjadi 4 macam, yaitu:


Mesin gerinda silindris luar

Mesin Gerinda silindris luar berfungsi untuk menggerinda diameter luar benda kerja yang berbentuk silindris dan tirus.

Mesin gerinda silindris dalam

Sedangkan mesin gerinda silindris jenis ini berfungsi untuk menggerinda bagian diameter dalam suatu benda kerja yang berbentuk silindris dan tirus.

Mesin gerinda silindris universal

Sesuai namanya, mesin ini mampu untuk menggerinda bagian dalam maupun luar benda kerja dengan diameter berbentuk silindris.

Mesin gerinda silindris luar tanpa senter

Mesin Gerinda silindris jenis ini digunakan untuk menggerinda diameter luar dalam jumlah yang banyak/massal baik panjang maupun pendek.

Tool and Cutter Grinding Machine / Mesin Gerinda Alat Potong

mesin gerinda alat potong

Mesin ini merupakan mesin gerinda yang digunakan untuk pekerjaan presisi, yaitu menajamkan (mengasah) berbagai jenis cutting tool seperti mata pahat bubut, mata bor, dan lain-lain. Mesin ini juga digunakan memperhalus (finishing) bentuk silinder, taper, internal, dan surface dari benda kerja yang mengharuskan ketelitian. Berdasarkan dua fungsi tadi mesin gerinda ini terbagi menjadi dua, yaitu :mesin gerinda alat potong

Mesin gerinda untuk pengasahan perkakas potong seperti pisau frais, reamer, dan sejenisnya.
Seperti pada gambar di samping kiri, perlengkapan mesinnya untuk pengasahan dapat diputar atau digeser sesuai dengan bentuk benda kerja yang akan diasah. Saat diasah batu gerinda digerakkan dengan tangan melalui handelnya secara bolak-balik dan benda kerja diputar dengan tangan melalui perlengkapan penjepitnya.

Mesin gerinda untuk pengasahan perkakas potong seperti pahat potong mesin  bubut dan pengasahan mata bor.
Benda kerjanya didorong ke arah batu gerinda yang berputar. Mesinnya tidak menggunakan meja, yang diganti dengan perlengkapan lain yang dapat digeser derajatnya sesuai dengan sudut-sudut pada benda kerja yang akan diasah.

Internal Grinding Machine
Mesin ini digunakan untuk memproduksi pada permukaan bagian dalam (suatu lubang) benda kerja yang silindris. Permukaan yang diasah dapat berstruktur lurus, runcing, atau lekukan. Ada 3 tipe perbedaan pada jenis mesin ini yaitu :

Chucking type
Planetary
Centerless
Mesin gerinda sabuk (Abrasive belt grinding machine)
Mesin gerinda sabuk merupakan mesin gerinda dengan abrasif yang menyerupai sabuk pada suatu konveyor. Sabuk abrasif ini terpasang secara vertikal, dimana poros motor dan spindle pulley saling menghubungkan masing-masing ujungnya. Sabuk abrasif terletak pada rumah sabuk yang mempunyai kecepatan putar antara 75-1800 m/min. Gerinda jenis ini disebut pula high energy grinding.

Mesin gerinda centreless (centreless grinding machine)
Mesin gerinda ini digunakan untuk menggerinda permukaan benda kerja silindris yang tidak mempunyai lubang senter. Benda kerja diletakkan di antara roda gerinda dengan roda pengarah (regulating wheel), dimana roda-roda tersebut berputar lambat. Regulating wheel akan berputar sehingga benda kerja akan bergerak sambil berputar mengikuti perputaran roda.

Sedangkan berdasarkan konstruksinya, mesin gerinda dapat juga dikelompokkan menjadi :


Mesin Gerinda Berdiri

Mesin gerinda berdiri merupakan mesin gerinda yang terpasang pada kakinya yang tinggi. Mesin gerinda yang dapat juga disebut dengan mesin gerinda lantai, hal ini dikarenakan mesin ini diletakkan langsung pada lantai.

Mesin gerinda duduk ( bench grinder)

bench grinders

bench grindersMesin gerinda duduk merupakan mesin gerinda yang dalam pemasangannya dilakukan dengan cara diikat dengan baut pada meja kerja, seperti yang dapat Anda lihat pada gambar di samping kiri. Mesin gerinda duduk biasanya digunakan untuk mengasah perkakas potong berukuran kecil seperti mata bor, pahat dingin/pahat tangan, pahat bubut, dan pahat sekrap serta untuk penggerindaan benda kerja dengan pengurangan bahan yang kecil. Batu gerinda dipasang pada kedua ujung poros dan digerakkan dengan motor listrik atau tangan, dimana pada poros sebelah kanan dipasang batu gerinda halus. Hal ini dimaksudkan supaya mesin gerinda ini memiliki dua kegunaan, yaitu sebagai pemotong benda kerja dengan batu gerinda kasar dan sebagai pengasah perkakas potong dengan batu gerinda halus.

Mesin gerinda tangan

mesin gerinda tangan

mesin gerinda tanganMesin gerinda tangan merupakan mesin gerinda yang cara kerjanya menggunakan gaya penggerak yang diteruskan dari engkol ke roda gerinda melalui transmisi roda gigi. Pada umumnya mesin ini dipergunakan pada bengkel kecil atau untuk keperluan rumah tangga. Biasanya mesin ini berfungsi untuk memotong dan mengikis sisa atau menghaluskan atau dalam bahasa bengkel disebut menyelep. Gambar di samping kiri merupakan contoh mesin gerinda tangan.

Mesin gerinda horizontal

Mesin gerinda ini digunakan untuk menggerinda benda kerja dengan bidang rata. Benda kerja pada mesin ini dijepit pada meja yang dapat bergerak lurus bolak-balik atau berputar secara otomatis atau dengan gerakan tangan. Roda gerinda dapat digerakkan melintang meja dan naik turun.

Pemilihan jenis mesin gerinda harus disesuaikan dengan fungsi dan bentuk akhir yang Anda inginkan. Pengetahuan komponen dan fungsinya juga harus diperhatikan agar Anda bisa mandiri jika mesin gerinda mengalami masalah dan mencegah hal-hal yang tidak diinginkan lainnya.


No comments:

Post a Comment